Kamis, 19 Maret 2009

ilmu sederhana

menaklukan keyloker

Username dan password adalah sesuatu yang sangat rahasia. Saking rahasianya, bahkan orang terdekat-pun tidak boleh tahu. Kalo hanya sekedar password email, masa istri tidak boleh tahu??? Email kan tidak penting??? Kata siapa tidak penting. Ya kalo email tersebut hanya berisi surat-surat biasa sih ya tidak apa-apa, kalau berisi transaksi jual beli, username dan password suatu bank dan lain-lain … Lha kan sangat penting.. Bahkan sangat penting sekali…

Banyak sekali kejadian bahwa username dan password dari suatu account seseorang dibajak orang. Artinya kita tidak dapat lagi mengakses account kita. Pernah suatu ketika, teman saya datang kepada saya, dan melaporkan bahwa account e-currency (pembayaran electronic), hilang sebesar US $ 500, atau sekitar 5 juta rupiah waktu itu, setelah telusur punya telusur beliau pernah log in di warnet. Apakah log in di warnet itu berbahaya?? Bisa ya bisa tidak. Lho kalau warnet tersebut dipasangi keyloger bagaimana ? Apa itu keyloger ?

Keylogger adalah software yang dipasang di komputer dan mempunyai kerja mencatat semua aktivitas yang dilakukan oleh keyboard. Apapun yang kita ketikkan di keyboard, maka akan dicatat oleh keylogger.

Materi ini ditujukan agar kita semua dalam melakukan aktivitas di komputer umum (kantor, warnet, dll) untuk mengecek dulu apakah komputer tersebut dipasang keylogger atau tidak, untuk keamanan kita. Dan jika terdapat keylogger, bagaimana kita mematikan keylogger tersebut, agar aktivitas kita tidak dicatat oleh keylogger.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

SILAHKAN BERI KOMENTAR SAYA.......KARENA KRITIKAN ANDA SANGAT BERGUNA